00/00/0000
Peluncuran Logo dan Core Values Tiara MargaTrakindo, Sebuah Titik Balik bagi TMT
 
 
 
 

PT Tiara Marga Trakindo (TMT) baru saja melewati hari istimewanya pada 29 Juli 2013 lalu. Selain merayakan hari ulang tahun founder sekaligus chairman-nya, Bapak Met Hamami yang tahun ini genap berusia 83 tahun, TMT di hari tersebut juga secara resmi meluncurkan logo barunya.

Berawal di tahun 1970, dengan nama PT Trakindo Utama, penyalur utama alat berat Caterpillar di Indonesia,TMT didirikan oleh AHK “Met” Hamami yang kemudian berganti nama menjadi PT Tiara Marga Trakindo (TMT) pada tahun 2000. Pembentukan TMT sendiri dilakukan seiring dengan berkembangnya masing-masing anak perusahaan dari Grup TMT, sehingga dirasa perlu untuk membentuk perusahaan induk yang dapat memayungi seluruh anak perusahaan tersebut.

TMT kini telah menaungi lebih dari 38 anak perusahaan yang bergerak di berbagai industri. Mulai dari industri B2B (Distributor alat berat, minergi, pembiayaan keuangan, teknologi informasi, investasi, dan properti) hingga kini mulai merambah ke industri B2C melalui bisnis ritel konsumen dan perhotelan serta pusat perbelanjaan. Jumlah tenaga kerja TMT kini telah mencapai lebih dari 18,000 pekerja ,dengan lebih dari 165 kantor cabang di seluruh Indonesia, TMT terus berkembang menjawab tantangan bisnis sekaligus meneruskan misinya untuk menyediakan lapangan kerja berkualitas bagi sebanyak mungkin masyarakat Indonesia.

Dalam kata sambutannya, Bapak Muki Hamami selaku Direktur Utama TMT, menyampaikan bahwa perubahan logo ini merupakan bagian dari sebuah inisiatif yang lebih besar dalam mendefinisikan siapa TMT saat ini dan ambisi TMT kedepannya dalam menjawab tuntutan zaman. Perubahan logo ini diharapkan tidak hanya berupa perubahan identitas logo semata, tetapi nilai-nilai yang terkandung didalamnya dapat menjadi jiwa dari setiap karyawan TMT dengan selalu menjunjung tinggi integritas, mengedepankan etika, memiliki visi, serta berkarakter kuat dalam setiap kegiatan bisnisnya.

Logo TMT yang baru, memiliki perpanduan warna biru dan warna kuning matahari. Warna biru logo merupakan perpaduan warna dari Biru CSUL finance, ABM Investama, Tbk, serta warna ungu dan tosca dari MahaDasha. Warna kuning matahari pada logo mewakili warna Trakindo yang merupakan cikal bakal dari TMT. Sebagai sebuah kesatuan bentuk, simbol, dan warna baru dari logo TMT melambangkan aura keterbukaan, dinamis, kerendahan hati, serta keselarasan yang kokoh.

Dalam kesempatan istimewa tersebut, TMT tidak hanya merayakan ulang tahun Pak Met dan meluncurkan logo baru, tetapi juga meluncurkan Core Values Grup TMT. Core values yang sebenarnya telah disosialisasikan kepada karyawan sejak beberapa waktu lalu, namun kali ini diluncurkan kembali dan diresmikan sebagai wujud komitmen dari TMT.

Sebagai simbolisasi peluncuran, sebuah video core values TMT kemudian hadir dan cukup mencuri perhatian undangan yang hadir dengan grafis menarik yang menceritakan sekilas perjalanan Pak Met, perkembangan grup saat ini, serta nilai-nilai inti yang telah membawa Grup TMT hingga ke posisi saat ini. Video tersebut juga menampilkan penjelasan singkat dari masing-masing BoD TMT mengenai core values TMT serta pentingnya core values bagi sebuah perusahaan. Diharapkan melalui pemutaran video ini, seluruh karyawan Grup TMT dapat memeroleh gambaran yang menyeluruh mengenai nilai-nilai inti berikut contoh prilaku yang diharapkan sehingga dapat menjadikannya bagian dari diri karyawan yang akan tercermin dari perilaku berorganisasi.

Acara semakin meriah dan hangat dengan kehadiran keluarga Hamami, termasuk Ibu Rubiasih Hamami, istri Bapak Met Hamami, yang turut hadir menyaksikan momen bersejarah TMT ini. Mengingat acara ini jatuh tepat di bulan suci Ramadhan, rangkaian acara ditutup dengan acara buka puasa bersama diiringi sajian music Timur Tengah yang menambah keakraban diantara karyawan Grup TMT yang hadir pada sore hari itu. Semoga momen ini menjadi titik balik bagi TMT untuk terus berkembang sesuai dengan cita-cita TMT kedepan, seperti yang disampaikan oleh Pak Muki Hamami dalam kata sambutannya. We dream, We Plan, We Make It Happen! (Corp.Comm. MahaDasha)